iklan banner

Messi Anggap Pesepakbola Kekinian Mudah Dipengaruhi Uang

Jakarta, CNN Indonesia -- Megabintang lapangan hijau Lionel Messi menganggap pesepak bola masa kini gampang dipengaruhi uang untuk berpindah-pindah klub.

Kapten tim Barcelona dan timnas Argentina itu menyadari keberadaan klub-klub yang memiliki modal finansial kuat dapat merayu pemain-pemain muda yang berbakat.

Lionel Messi menjalani musim ke-15 di Barcelona.Lionel Messi menjalani musim ke-15 di Barcelona. (REUTERS/Jon Nazca)
Messi juga menganggap keberadaan klub-klub dengan fondasi keuangan yang besar dapat mengubah peta persaingan klub-klub di dunia.

"Ada banyak klub dengan uang berlebih dan pesepakbola saat ini mengincar itu, klub yang mengeluarkan banyak uang adalah tujuan para pemain. Segala hal berubah beberapa waktu lalu dan sekarang para pemilik adalah miliarder," kata Messi dikutip AS.

"Sebelumnya para pemain ingin pergi ke Barcelona atau Real Madrid yang merupakan klub-klub terbaik, tapi sekarang tidak, sekarang semuanya hanya berbeda sedikit antara tim-tim seperti Manchester, PSG, Madrid, Barcelona, Bayern [Munchen], tim-tim Italia," sambungnya.

Keberadaan klub yang tak segan mengeluarkan dana transfer juga mempengaruhi harga pemain yang kian melambung dari musim ke musim.

Berbeda dengan pemain-pemain kebanyakan, Messi merupakan salah satu pesepakbola yang tidak pernah pindah klub dan cukup langka ditemukan dalam sepak bola zaman sekarang.

Messi merupakan salah satu pesepakbola yang tidak pernah pindah klub dan cukup langka ditemukan dalam sepak bola zaman sekarang. Sejak bermain di tim senior Barcelona pada 2004, Messi tidak pernah pindah ke klub lain.

Selain Messi, beberapa pemain tenar masa kini yang tidak pernah berpindah klub adalah Daniele De Rossi di AS Roma, dan Thomas Mueller di Bayern Munich. Sementara Sergio Busquets yang membela Barcelona sejak 2008 berpeluang mengikuti jejak Messi setia membela Blaugrana
.