iklan banner

Galaxy S10 Bakal Punya Prosesor Khusus AI


Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Jakarta - Samsung memang belum mengkonfirmasi nama prosesor yang bakal dipakai di Galaxy S10. Kendati begitu rumor mengenai prosesor tersebut sudah beredar.

Jika mengikuti penamaan prosesor sebelumnya, prosesor yang dipakai di Galaxy S10 itu kemungkinan bernama Exynos 9820. Sebuah laporan menyebutkan kalau prosesor tersebut akan mempunyai unit pemrosesan khusus untuk kecerdasan buatan (AI).


Hal ini didukung oleh profil LinkedIn seorang mantan karyawan Samsung yang pernah menyebut tengah menggarap Neural Processing Unit (NPU) generasi ke-2. Spesifikasinya memang belum jelas, namun NPU tersebut diperkirakan akan dipakai di Exynos 9820.

Jika ini benar, maka Samsung akan mengikuti langkah Huawei yang membenamkan NPU di dalam prosesor terbarunya, yaitu Kirin 980. Sepertinya, hal ini akan menjadi tren di dalam prosesor untuk perangkat mobile, yaitu keberadaan 'otak' khusus AI di dalam system on a chip (SoC).



Begitu juga prosesor flagship Qualcomm yang akan datang, yang disebut juga akan dilengkapi sebuah NPU, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Senin (7/10/2018).