iklan banner

Google Assistant Bisa Disuruh 'Masukkan Uang ke Kotak Amal'

Google Assistant mendapat fitur untuk mengirim donasi dari Google. Foto: istimewaGoogle Assistant mendapat fitur untuk mengirim donasi dari Google. Foto: istimewa
Jakarta - Google dilaporkan telah menanamkan kemampuan terbaru pada asisten virtual miliknya, yaitu Google Assistant. Fitur terbaru tersebut adalah kemampuan untuk beramal.

Tentunya bukan Google Assistant langsung yang tiba-tiba beramal begitu melihat penggalangan dana di tengah jalan. Uang tetap keluar dari penggunanya, dan tentu dengan sepengetahuannya pula.

Untuk mencoba fitur baru tersebut user bisa mengatakan "Hey Googledonateto charity" (Hei Google, bikin donasi untuk amal), atau "Ok Googlemake a donation" (Ok Google, buat donasi), sebagaimana detikINET kutip dari Android Authority, Rabu (2/1/2019).

Setelahnya, asisten virtual tersebut akan menanyakan organisasi mana yang mau dituju. Lalu, ia juga memberikan saran seberapa besar nominal yang perlu dikeluarkan, dengan jumlah akhirnya bisa ditentukan oleh pengguna.

Begitu semua yang dibutuhkan terkumpul, maka Google Assistant akan meminta user untuk mengatakan "ya" atau "donasi sekarang" untuk mengonfirmasinya. Satu catatan, disebutkan bahwa pengguna harus mengaktifkan Google Assistant Payments untuk membuat asisten virtual tersebut menjalankan fitur donasi itu.

Berbagai perangkat mulai dari smartphone Android, speaker pintar, hingga layar pintar dilaporkan bisa melakukan donasi seperti itu. Sayangnya, fitur ini disebut baru tersedia di Amerika Serikat saja.

Tentu saja ini akan jadi menarik jika fitur tersebut hadir di Indonesia. Hal ini merujuk pada menjamurnya penggalangan dana secara online di Tanah Air.