iklan banner

Rekrutmen CPNS Dibuka Juni 2019?

Ada 100 ribu orang yang dibutuhkan.

Tagarpedia – Pemerintah akan membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 100 ribu orang tahun ini. Rencananya, rekrutmen ini akan dibuka pada Juni 2019.
“ Fokusnya tetap pada tenaga pendidikan dan kesehatan, lebih fokus ke sana,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin, di Jakarta, dikutip dari Liputan6.com yang melansir Antara, Kamis 24 Januari 2019.
Syafruddin telah bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia juga sudah melaporkan evaluasi pelaksanaan rekrutmen CPNS 2018.
“ Saya melaporkan evaluasinya. Kan, sudah selesai rekrutmen CPNS. Tinggal menunggu NIP (Nomor Induk Pegawai)-nya tahun 2019. Kami, kan, juga akan kembali melaksanaan rekrutmen. Tapi, itu nanti enam bulan,” kata dia.
Tentang hasil rekrutmen 2018 yang belum cukup, dia juga mengatakan ada PNS yang memasuki masa pensiun tahun 2018 dan 2019.
“ Rekrutmen ini untuk menutup PNS yang pensiun dalam dua tahun itu,” kata dia.

Berapa Jumlah PNS yang Pensiun?

Syafruddin mengatakan ada 50 ribu orang yang akan pensiun tahun 2018 dan yang 2019 sebanyak 52 ribu orang.
Pihaknya harus mengejar kekurangan ini agar jumlah pegawainya tetap seimbang. Makanya, dibuka rekrutmen CPNS agar tidak merekrut honorer terlalu banyak.
“Honorer yang ada sekarang akan kami selesaikan dengan jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK,” kata dia.
Syafruddin mengatakan kebutuhan PNS sebenarnya mencapai 150 ribu orang, terutama tenaga guru. “Di catatan Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), kita masih kekurangan guru sekitar 91 ribu orang,” kata dia.
Tentang pemberian penghasilan tetap untuk perangkat desa setara PNS golongan II, Syafruddin mengatakan Jokowi akan menindaklanjutinya.
“Ini kami mau rapat di kantor Kemenko PMK (Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) untuk membahas itu. Saya dan Menkeu (Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati) segera ke sana,” kata dia.
(Sumber: Liputan6.com)