iklan banner

Mulai Hari Ini, Bagasi Lion Air Tak Lagi Gratis

Mulai Hari Ini, Bagasi Lion Air Tak Lagi Gratis
Penumpang hanya diperbolehkan membawa satu buah barang ke kabin pesawat dengan berat maksimal 7 kg.
Lion Air dan Wings Air mulai free baggage allowance (FBA) atau bagasi gratis pada Selasa 22 Januari 2019. Kebijakan ini mulai berlaku untuk semua penerbangan domestik.
Dikutip dari Liputan6.com, penumpang hanya diperbolehkan membawa 1 buah barang ke kabin pesawat dengan berat maksimal 7 kilogram.
Lion Air memberikan harga khusus dengan pembelian voucher bagasi melalui agen, situs Lion Air, atau kantor penjualan Lion Air Group.

Izinkan Kebijakan Bagasi Berbayar Hari Ini

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengizinkan maskapai menerapkan bagasi berbayar ini.
Budi Karya mengatakan, sosialisasi bagasi berbayar telah dilakukan selama 2 minggu sehingga dinilai cukup sehingga diperbolehkan untuk mulai menerapkan kebijakan ini.
"Karena memang sesuai regulasi dan sudah dilakukan sosialisasi selama 2 minggu, ya memang musti berlaku," kata dia.
Budi Karya mengatakan, maskapai yang akan menerapkan kebijakan ini sudah melakukan persiapan secara baik. Salah satunya soal antrean check-in untuk bagasi.
"(Persiapan maskapai?) ‎Sudah baik," ucap dia.
Sebelumnya, Budi Karya menyebut aturan kargo atau bagasi berbayar yang kini diterapkan sejumlah maskapai penerbangan berbiaya rendah atau Low Cost Carrier (LCC) bisa menyelamatkan keuangan pihak perseroan.
Dia mengatakan, kondisi industri penerbangan tengah menghadapi situasi yang sulit. Selain itu, beberapa waktu lalu Indonesia National Air Carrier Association (INACA) baru saja memutuskan untuk menurunkan tarif tiket pesawat untuk rute domestik.
"Secara industri, memang ada usulan-usulan yang konstruktif sekaligus menjawab mengenai kargo. Pengurangan kargo itu dalam upaya agar tarif LCC bisa dipertahankan," kata dia.

Bisa Jadi Pemasukan Biaya bagi Maskapai LCC

Sekadar informasi, per 8 Januari 2019, dua maskapai berbiaya rendah yakni Lion Air dan Wings Air resmi menghapus ketentuan layanan bagasi gratis untuk para penumpangnya.
Dalam aturan tersebut, barang bawaan penumpang dibatasi, maksimal seberat 7 kilogram ke dalam bagasi kabin, untuk selebihnya dikenai tarif tambahan.
Kebijakan serupa rencananya bakal diikuti oleh maskapai penerbangan LCC lain, Citilink, yang akan memberlakukan pengenaan tarif bagi penerbangan domestik.
Di sisi lain, seluruh maskapai nasional yang tergabung dalam INACA juga telah sepakat menurunkan harga tiket pesawat untuk penerbangan domestik sejak Jumat, 11 Januari 2019. Penurunan tiket sendiri berkisar antara 20-60 persen.
Lebih lanjut, Budi Karya menyatakan, pengenaan tarif pada angkutan bagasi ini dapat memberi masukan biaya bagi maskapai LCC di luar harga tiket pesawat yang telah diturunkan.
"Nah ini untuk mensubsidi murahnya (tiket) mereka. Jadi, kalau, mereka bawa kargo, harus menanggung itu," kata dia.

1 komentar:

avatar

hai salam kenal ya,yuuk gabung di poker online kami di www.fanspoker.com || agen poker resmi dan terpercaya hanya di sini tempatnya,
|| bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

Reply